Message: session_start(): Cannot send session cache limiter – headers already sent

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Ya… kembali lagi bersama IT.DewAdy.Com. disela-sela kesibukan yang melanda karena hal ini mudah-mudahan menjadi “PENGINGAT” jika nanti saya menemukan ERROR serupa. karena hal inilah saya langsung mencoba mengingatkan diri kembali dengan membuat post seperti ini (walaupun agak sedikit terpaksa dengan senang hati).

Kali ini saya akan membahas ERROR yang saya alami malam ini, ya benar sekali “Message: session_start(): Cannot send session cache limiter – headers already sent” mungkin bagi sebagian besar orang yang telah bergulat didunia programming (PHP) error semacam ini sudah hal biasa, terkadang karena terlalu serius memperhatikan huruf demi huruf, kata demi kata dan baris demi baris (bayangkan hal kecil itu aja diperhatiin, apalagi kamu … Ciyeee) sampai hal kecil semacam ini seringkali terabaikan. dan ini saya alami sendiri, karena terlalu terfokus pada sesuatu, sehinggal “Message: session_start(): Cannot send session cache limiter – headers already sent” ini pun muncul. sederhana memang karena ERROR yang disampaikan pun cukup jelas namun agak sedikit membingungkan, apalagi bagi pemula seperti saya 🙂

Hanya karena masalah kecil itulah bisa menghambat pekerjaan saya berikutnya.

Jika rekan-rekan pernah merasa di php-in oleh PHP sebagaimana ERROR “Message: session_start(): Cannot send session cache limiter – headers already sent” ini, berikut tips sederhana.

Dilihat dari error yang muncul
“Message: session_start(): Cannot send session cache limiter – headers already sent (output started at /home/stienaci/public_html/webjurnal/application/controllers/member/Jurnal.php:2)”

coba kita liat CODE yang dimaksud seperti pada gambar ini

ada dibaris ke-2 (KEDUA)  jadi yang harus diliat adalah baris sebelumnya. itu artinya Baris Ke-SATU. yah.. dibaris pertama, ntah sengaja atau tidak pada baris itu ada SPASI dengan ” <?php …. ” hal ini tentu menimbulkan error seperti ini.

Yang perlu dilakukan adalah menghapus jarak / spasi antara tag pembuka php, jgn biarkan ada jarak diantara kita / antara tag awal maksudnya. hehehe

Sederhananya . . . semoga memberikan manfaat bagi rekan-rekan pengunjung dan tentunya bagi penulis sendiri, terimakasi telah berkunjung dan membaca artikel ini. Sampai bertemu di Posting-an saya berikutnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Recommended For You

About the Author: adyrhs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *